Tips Membeli Mesin Cuci

Mesin cuci semakin hari menjadi peralatan wajib dalam rumah tangga. Dengan kepraktisan yang ditawarkan, tak heran mesin cuci menjadi perangkat rumah tangga yang semakin dicari. Bagaimana memilih mesin cuci yang tepat untuk kebutuhan Anda? Jawabannya sebenarnya sangat relatif dan tergantung dari anda sendiri, namun secara umum inilah hal-hal yang menjadi pertimbangan:
Budget yang disediakan untuk membeli mesin cuci.
Tipe yang paling dasar yaitu mesin cuci dua tabung (double tub), biasanya beroperasi semi otomatis, harganya paling murah. Tipe diatasnya yaitu satu tabung (single tub) dengan bukaan atas (top loading), rata-rata sudah full otomatis. Dan tipe yang paling advanced adalah mesin cuci bukaan depan (front loading). tips memilih mesin cuciSiapa yang paling sering memakai mesin cuci ini?
Kalau anda atau isteri anda yang paling sering mencuci sendiri di rumah, tak ada salahnya mengalokasikan budget sedikit lebih demi kenyamanan/ kemudahan dan memilih tipe satu tabung dengan tipe front loading. Perlu diketahui bahwa tipe front loading walau harganya selangit, tapi mampu menghasilkan cucian yang lebih bersih dan lembut. Sebaliknya bila pembantu anda yang paling sering, maka lebih rasional memilih yang dua tabung, karena pengoperasiannya sangat simpel, dan seandainya terjadi rusak karena salah pakai, biaya reparasinya tidak terlalu mahal.
Jenis saluran/instalasi air yang tersedia di tempat anda
Tipe dua tabung sudah jelas bisa beroperasi dengan saluran air yang paling biasa sekalipun. Kalau terpaksa, anda bisa mengguyur sendiri air ke dalam tabungnya. Sedangkan tipe single tub kadang harus tersedia saluran air dengan tekanan yang cukup keras supaya fungsinya dapat berjalan optimal. Demikian juga dengan beberapa jenis front loading yang memiliki feature mencuci dengan air panas.
Daya listrik yang terpasang di rumah
Untuk rumah standar yang daya listriknya sampai 1300watt, rasanya tak ada pilihan lain kecuali double tub. Untuk daya terpasang sampai 2200watt, tipe single tub sudah bisa dipilih. Semuanya dengan catatan masih ada peralatan elektronik lain di rumah.
Jumlah anggota keluarga di rumah
Tentunya ini berkaitan dengan kapasitas mesin cuci yang anda beli. Bila di rumah hanya ada 2-3 orang, maka kapasitas 6 kg sudah lebih dari cukup (kapasitas 6 kg saat ini paling kecil di pasaran). Tapi bila ada 4-6 orang, maka kapasitas 7-8 kg bisa dipertimbangkan. Bila keluarga anda besar dengan jumlah diatas 7 orang, pilihlah kapasitas 9 kg atau lebih.
Seberapa sering anda mencuci
Ini juga berkaitan dengan kapasitas. Bila anda mencuci seminggu sekali atau seminggu dua kali, maka walaupun anda hanya tinggal berdua dengan pasangan, maka kapasitas 7-8 kg lebih baik dipilih, daripada yang 6 kg tapi justru membuat anda harus membagi cucian anda dalam beberapa ronde pencucian.
Features dan kebutuhan
Untuk bisa bersaing di pasar, maka banyak produsen mesin cuci yang menawarkan berbagai feature yang di-klaim tidak terdapat pada merek dan tipe lainnya. Anda sebagai konsumen perlu cermat tentang hal ini. Memang sebagian feature itu berguna, tetapi sebagian lain hanya untuk membuat positioning yang berbeda demi kampanye pemasarannya. Juga jangan tergiur adanya bonus atau hadiah semisal gratis deterjen, cairan pelembut, tempat pakaian kotor, dsb. Ingat: yang paling penting mesin cucinya bukan yang lain-lain. Disini pepatah lama berlaku: Teliti sebelum membeli!
Merek dan model
Lebih baik membeli dari merek yang sudah terkenal daripada merek yang kurang jelas walaupun dengan harga yang lebih murah. Kalau anda ingin berhemat, merek Korea bisa jadi pilihan karena biasanya menawarkan harga lebih kompetitif dibanding merek Jepang dengan spesifikasi yang setara. Untuk model, tidak ada salahnya memilih yang bisa memperindah penampilan rumah, sepanjang fungsi utama dan kualitas barangnya juga baik.
Garansi dan after sales service
Cek masa garansi dari berbagai merek yang jadi alternatif pilihan anda. Semakin lama masa garansi maka anda makin mendapat perlindungan dalam pemakaian. Teliti juga cakupan garansi: semua komponen atau bagian tertentu saja, demikan juga apakah termasuk spare part dan jasa perbaikan. Selain itu, pastikan ada service center resmi di daerah anda, terutama bila anda tinggal di luar Jawa. Juga, lebih baik bila merek tersebut bisa melakukan kunjungan ke rumah di hari Sabtu dan Minggu, terutama jika anda dan isteri sama-sama bekerja.
Sumber: SeputarGriya

1 komentar:

Parking mengatakan...

tips yang bagus :D

Poskan Komentar

terima kasih atas kunjungan anda semua.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons