Tips Merawat Mesin Cuci Biar Awet / Gak Sering Servis

Trik pencegahan biar mesin cuci awet alias gak sering servis itu gampang aja, kan udah ada buku panduan pemakaiannya, biasanya disitu ada anjuran:
  • Periksa dulu saku pakaian, lipatan-lipatan dan kantong-kantong cucian sebelum masuk mesin, sapa tau ada benda-benda kayak uang logam, peniti, kertas nota,batu kerikil, korek api, pasir, kunci, paku, permen dll. Coz bisa ngumpul nyumbat saluran pembuangan dan ngrusak silinder mesin.  
  • Pisahin cucian yang kotor banget seperti kena lumpur, oli, makanan, noda tanah dll. Bersihin dulu noda-nodanya baru masukin mesin cuci, kalo gak dibersihin mesin cucinya jadi cepet kotor bau dan susah ngebersihinnya.
  • Sebelum dimasukkan mesin cucian di urai dulu dalam keadaan terbuka alias gak dalam bentuk lipatan atau buntalan biar hasilnya bersih maksimal. Jenis pakaian dalam dibungkus dalam kantung kasa biar bentuknya gak rusak.  
  • Sesuaikan jenis cucian dengan program pengoperasian mesin, jangan mencampur jenis cucian yang berbeda misal selimut dengan pakaian, jeans dengan sutra dll.  
  • Untuk mesin cuci pintu atas (Top Loading) jangan menambah cucian waktu mesin udah bekerja.  
  • Sebaiknya gunakan detergen khusus untuk mesin cuci, detergent ini busanya gak melimpah tapi hasilnya maksimal.  
  • Abis buat nyuci pintu mesin cuci jangan lupa ditutup, biar tikus, kecoa ato hewan laennya gak masuk mesin cuci.  
  • Lakuin pencucian kosong alias nyuci tapi gak dikasih pakaian tiap pagi hari sebelum mesin cuci digunakan buat nyuci pakaian.  
  • Kalo nyuci jangan melebihi kapasitas dan kemampuan mesin cuci, misal kapasitas mesin 7 kg ya cucian yang dimasukin max 5 kg aja. Kalo melebihi kapasitas motor penggeraknya jadi cepat rusak.  
  • Kontrol panel atau tombol pengoperasian mesin jangan sampe terkena air.  
  • Mesin cucinya di kontrol dan dibersihin secara berkala tergantung sering tidaknya pemakaian mesin, seperti kontrol saluran pembuangan, ngebersihin silinder dll.  
  • Memutus aliran listrik ke mesin setelah selesai nyuci, menutup kran air, jangan diperlakukan kasar dan semena mena.  
  • Mesin diletakkan ditempat yang tidak miring (datar), gak kena sinar matahari secara langsung dan jauh dari tempat bermain anak-anak, tidak juga ditempat yang lembab.  
  • Lebih bagus pake alat pengatur tegangan jika listrik dirumah gak stabil, tegangan yang naik turun juga bisa mempengaruhi mesin.
Begitu kurang lebih triknya, semoga mesin cuci anda awet dan selamat cuci mencuci….


JASA SERVICE PANGGILAN AREA SIDOARJO DAN SURABAYA

tlp : 031 8968585 (pak ryan) jln a yani 40 A

6 komentar:

Tips Perawatan Mesin Cucu mengatakan...

Ijin nyimak and baca,Gan...

Alat Berat mengatakan...

mkasih tipsnya bermanfaat sekali ..

jajang wahyudin mengatakan...

bagussss, kalo mau tau seputar mahasiswa check jajangbaberwahyudin.blogspot.com

ijin ambil, di cantum sumber kok :)

Washing Machine Reviews mengatakan...

asek tipsnya

mesin laundry sharp mengatakan...

pencucian kosong emang fungsinya untuk apa ya..? dibilas gitu ya biar mesin cucinya bersih atau gimana...?

Koka Reyan mengatakan...

cuci kosong untuk menghilangkan kerak dan kotoran dlm drum....

Poskan Komentar

terima kasih atas kunjungan anda semua.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons